Jumat, 11 November 2011

pengertian Manajemen



Definisi manajemen atau pengertian manajemen dapat kita lihat di beberapa sumber yang cukup terkenal. Yang pertama, pengertian manajemen menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah “penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran” atau “pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusaahaan dan organisasi.

Kata manajemen seperti yang anda ketahui berasal dari bahasa inggris “management” yang berasal dari kata dasar  “manage”. Definisi manage menurut kamus oxford adalah “to be in charge or make decisions in a business or an organization” (memimpin atau membuat keputusan di perusahaan atau organisasi). Dan definisi management menurut kamus oxford adalah “the control and making of decisions in a business or similar organization” (pengendalian dan pembuatan keputusan di perusahaan atau organisasi sejenis). Pengertian managemen yang kedua (masih menurut oxford) adalah “the process of dealing with or controlling people or things” (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda).
Jika merujuk pada literatur lain, kita bisa menemukan pengertian manajemen sebagai seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie & Kurniawan, 2005). Definisi manajemen lainnya adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkain kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh, 1997). Dan ada pula yang menuliskan pengertian manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet, 1997).

Fungsi Manajemen
Dalam sebuah usaha mencapai tujuan perusahaan perusahaan melakukan kegiatan dalam suatu peoses peusahaan.Proses prusahaan bermacam-macam mulai dari barang dan jasa,berproduksi,menjalankan pembelanjaan,melakukan kegiatan personalia, dan Administrasi akuntansi.
Tujuan perusahan bermcam-macam, terganrung dari jenis perusahaan yang didirikan.
Fungsi manajemen secara garis besar:

1.     Perencanaan (planning)
perencanaan adalah penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan.
perencanaan meliputi kegiatan sebagai berikut:
- Menentukan jangka pendek dan jangka panjang.
-Merumuskan kebijakan dan prosedur.
-melakukan peninjauan secara priodik untuk mengetahu perubahan-perubahan yang terjadi apakah sesuai rencana atau tidak.
Perencanaan mempunyai 4 tujuan:
-Menggurangi resiko dan perubahan yang mungkin akan terjadi dimasa akan datang.
-Memusatkan perhatian pada sasaran.
-Menjamin prose pencapaian tujuan agar dapat terlaksana secara ekonomis.
-Memudahkan pengawasan.

2.     Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan dan penggembangan struktur organisasi atau struktur perusahaan yang sesuai dan dapat diselesaikan dengan baik.
Fungsi organizing sebai berikut:
-Penentuan penelitian kegiatan yang diperlukan.
-Penggolongan kegiatan perusahaan.
-Penugasan kegiatan kepada kelompok yang telah ditentukan.

3.     Penggarahan (derecting)
Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang berhubungan dengan user member bimbingan,saran,motivasi,dan perintah.Hal ini dilakukan agar dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Terdapat 3 gaya kepemimpinan dalam berbagai bentuk organisasi otoriter,demokrasi, dan bebas.

4.     Pengkoordinasian (coordinating)
Tujuan adanya oraganisasi yaitu mencapai tujuan bersama namun sering terjadi tujuan masing-masing. Hal ini dapat menimbulkan perbedaan pendapat dan akhirnya dapat mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh manajemen.
Pada pelakasanaan kordinasi pimpnan harus mengusahaakan hal-hal sebagai berikut:
-Lingkungan organisasi mendukung tugas tersebut.
-Penerapan perinsip kordinasi pada setiap anggota organisasi.

5.     Pengendalian/Pengawasan (controlling)
Fungsi terakhir dari manajemen yang harus dilaksanakan oleh pimpinan perusahaan adalah fungsi pengendalian dan pengawasan.
Fungsi pengendalian pada umumnya sebagai berikut:
-membuat standar perencanaan.
-menyusun jadwal kerja.
-mengawasan pelaksanaan kerja.
-melakukan tindakan perbaikan.
http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/pengertian-manajemen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar