BATIK SEMAR didirikan oleh keluarga Kasigit pada tahun 1947. Selain mengembangkan usaha batik, salah satu tujuannya adalah mempertahankan seni warisan Budaya Bangsa Indonesia Pada mulanya Perusahaan BATIK SEMAR memproduksi batik dengan nama BATIK BODRONOYO yang tak lain dalah nama dari SEMAR itu sendiri. Tetapi karena nama SEMAR lebih dikenal di-masyarakat umum, maka dipakailah nama tersebut pada tahun 1966 sebagai BATIK SEMAR. Alasan dipilihnya nama tersebut karena SEMAR merupakan sosok panutan dalam dunia Pewayangan, yang diakui sebagai BATARA ISMAYA, sekaligus menjadi pengasuh keluarga Pandawa. Bagi Perusahaan sendiri nama SEMAR dapat diartikan sebagai : S = Sarwi atau bersama-sama E = Ening atau Suci bersih M = Marsudi atau berusaha tanpa putus asa A = Ajuning atau perkembangan R = Rasa atau Seni Arti secara umum adalah : Dengan niat yang tulus, secara berkesinambungan berusaha terus untuk mengembangkan produk batik. Pada waktu itu pengembangan penjualan batik masih terbatas pada kota-kota tertentu yang ada di pulau Jawa. Produksi dari BATIK SEMAR pada awalnya hanya memprosuksi batik-batik tulis yang jangkauan pemasarannya terbatas pada masyarakat golongan menengah dan menengah keatas. Tetapi dengan maksud dan tujuan agar produksi dapat berkembang lebih baik, maka pada tahun 1952 produksi dikembangkan dengan menambah batik cap dan batik kombinasi, sehingga daya belinya dapat terjangkau oleh masyarakat luas. | |
| |
| |
Corak-corak batik yang diproduksi oleh BATIK SEMAR tidak hanya terbatas pada corak-corak batik Sala saja, tetapi juga dikembangkan untuk memproduksi corak batik Bledakan ( Jogja), Pekalongan, Cirebonan dan Laseman. Sejalan dari perkembangan waktu, sampai tahun 1972 batik juga mengalami perubahan dan perkembangan dengan munculnya teknik baru yang pada waktu itu disebut printing atau batik printing atau printing/sablon dengan motif batik. Untuk mengimbangi dan mengikuti perkembangan atas kemajuan2 tersebut maka produksi BATIK SEMAR sendiri dikembangkan lebih bervariasi baik dalam mode, corak dan warnanya. Dari segi pemasaran didalam negeri, BATIK SEMAR telah mengembangkan jalur distribusi dengan toko-toko Cabang dan Perwakilan diberbagai tempat kota-kota besar di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan hasil produksi BATIK SEMAR. Selain didalam negeri BATIK SEMAR juga telah mengembangkan pemsaran keluar negeri seperti : Amerika, Eropa , Australia dan Negara2 Asia. Dengan demikian hasil usaha dari perintis BATIK SEMAR dapat diteruskan kepada generasi berikutnya sejalan dengan usaha untuk melestarikan dan membudayakan batik pada masa yang akan datang. Lingkungan internal
Lingkungan Industri
Lingkungan eksternal
Kekuatan perusahaan batik semar :
Kelemahan perusahaan batik:
Peluang perusahaan batik semar
Hambatan :
| |
Selasa, 27 Maret 2012
ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL EKSTERNAL PERUSAHAAN BATIK SEMAR
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar